Tuesday 2nd September 2014

Home » Film » Tahunnya Film Laga dan Adaptasi Buku

BAGI si kutu buku sekaligus penikmat film, siap-siap tahun ini sepertinya bakal sering merogoh kantong untuk nonton film. Karena berderet film terbaru yang akan diedarkan dan kebanyakan adalah film yang diadaptasi dari buku serta film laga. Dari mulai buku cerita klasik, best-selling, bahkan komik. Untuk film laga, hampir semua berlomba menampilkan spesial efek yang heboh. Beberapa memang masih bertahan dengan versi 3D. Sedangkan meski film animasi dan horor pun masih beredar tapi tak sedahsyat tahun lalu.

Pittacus Lore atau pen name dari pengarang Jobie Hughes yang kolaborasi dengan James Frey dalam karyanya I am Number 4 mengatakan bangga buku sci-fi karyanya difilmkan serta terbit tahun ini. Dan cukup puas dengan hasilnya meski mengaku tak campur tangan dalam pembuatannya. Sepenuhnya dipercayakan pada sutradara. “Yang sedikit menjadi kekhawatiran saya adalah penonton akan membandingkan dengan film Harry Potter atau Twilight. Atau dengan segala detil dibukunya. Menurut saya, nikmati sajalah bukunya, kemudian nikmati filmnya,” katanya.

Sedangkan Jeff Kinney, pengarang buku best-selling Diary of a Wimpy Kid mengatakan, bahwa memfilmkan sebuah buku itu menjadi satu pengetahuan baru buatnya. “Bahasa film sangat berbeda dengan bahasa buku. Saya sudah melakukan yang terbaik untuk berkontribusi dan meyakinkan, bahwa filmnya mengandung gen dari bukunya. Tidak melenceng jauh.”

Berbeda dengan Hughes, Jeff ikut campur tangan dalam proses pembuatan film, dari mulai proses penulisan skrip, pemilihan casting sampai post production “Saya pikir sudah sebatas campur-tangan seperti yang dilakukan oleh para pengarang lain yang bukunya difilmkan,” jelasnya.

Bulan Maret nanti film dari buku kedua Jeff Kinney, Rodrick Rules (Diary of a Wimpy Kid) akan beredar.

Selain Jeff Kinney, tahun ini tetap menjadi tahun JK. Rowling dan Stephenie Meyer. Film Harry Potter & the Deathly Hallows bagian kedua dan Twilight : Breaking Dawn bagian pertama akan keluar bulan Juli dan November. Bagi pembaca buku klasik, tunggu saja, akan beredar film The Three Musketeers, Jane Eyre dan Romeo&Juliet yang judulnya berubah mejadi Gnomeo&Juliet. Beberapa judul buku ketika difilmkan berubah judul dengan berbagai alasan untuk mudah diingat, lebih pendek atau lebih komersial. Satu film yang pantas ditunggu, Water for Elephants, dari buku best-selling karya Sara Gruen juga akan beredar April ini.

Untuk film laga, kita akan jumpa lagi dengan Nicholas Cage dalam film Season of The Witch dan Drive Angry, Seth Green di film The Green Hornett. Jason Statham di film The Mechanic, serta Channing Tatum di film The Eagle yang diadaptasi dari buku The Eagle of the Ninth. “Siapa kah yang tidak suka film laga? Seru, apalagi kalau dibumbui spesial efek, ” komentar Nicholas Cage yang mengaku pada dasarnya dia lebih suka shooting film laga daripada film drama.[JB]

RIANA K. LIPTAK

  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • MySpace
  • Twitter

Baca Juga

Leave a Reply

About Us | Contact Us
© 2011 Journal Bali · Subscribe:PostsComments