Monday 28th July 2014

Home » Fashion, Life Style & Entertainment » Tips Memilih Kemeja Batik

SEBENARNYA memilih produk kemeja batik tidak berbeda jauh dengan memilih produk batik pada umumnya seperti hem batik, blus batik, dress batik, gamis dan produk-produk batik lainnya

Dibawah ini adalah tips memilih kemeja batik ;

- Pilihlah produk kemeja batik yang sesuai dgn kebutuhan anda. Ingat produk batik bukanlah keinginan melainkan kebutuhan. Jadi Sesuaikan kebutuhan Anda

- Sesuaikan produk yang diinginkan dengan harga (budget) yang anda miliki. Produk kemeja batik yang mahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan anda.

- Pilih kain atau bahan yg digunakan. Ada berbagai macam pilihan kain batik diantaranya Sutera, Seras kayu, serat nanas, ATBM, Katun Primis, Katun Prima, Katun Dobi, Katun Viscose, Katun Paris, Krep, Sandwash dan berbagai macam kain sintetik lainnya yang masing-masing mempunyai karakteristik berbeda. Pilih kemeja batik dengan kain yang sesuai dengan kebutuhan anda.

- Pilih pemrosesan batik yang anda butuhkan sebab Batik dapat diproses dengan berbagai macam cara yaitu (Batik tulis tangan, kombinasi tulis dan cap, sablon malam, printing dan pabrikan). Masing-masing pemrosesan batik mempunyai karakteristik yang berbeda. Batik tulis harganya sangat mahal, batik cap berada dibawah harga batik tulis, sablon malam mungkin menjadi pilihan jika ingin produk batik yang terkesan tulis.

- Pilih Motif yang sesuai dengan karakter anda. Banyak motif batik yang ada di pasaran. Hingga saat ini motif batik yang beredar lebih dari 1 juta motif dengan setiap hari akan muncul lebih dari 100 motif baru. Biasanya motif-motif tertentu mempunyai harga yang mahal dibanding motif lainnya walaupun dengan kain dan proses pembuatan yang sama. Biasanya motif baru akan mempunyai harga yang lebih tinggi daripada motif yang sudah lama.

- Pilihlah warna sesuai dengan karakter anda. Pada umumnya batik lebih banyak didominasi warna-warna alam seperti coklat, merah bata, hitam maupun warna-warna sogan. Batik modern dapat memadukan berbagai warna yang sangat bervariasi pada proses pembatikan. Bagi anda yang berkulit putih tidak ada masalah berkaitan dengan pemilihan warna produk batik, tetapi bagi anda yang berkulit agak gelap perlu menyesuaikan dengan warna batik. Tidak semua produk batik cocok digunakan oleh setiap orang.

- Lihatlah batik jika dipajang pada manekin seperti pada gambar di atas. Dengan melihat produk batik setelah dipasang, anda dapat dengan mudah membayangkan jika produk tersebut dipakai apakah bagus atau tidak.

- Perhatikan apakah produk batik tersebut diproduksi secara massal atau tidak. Untuk menekan harga, biasanya kemeja batik diproduksi secara massal, akibatnya mungkin anda akan bertemu dgn seseorang yg memakai pakaian batik yg sama dgn anda. Untuk mengatasi ini silahkan anda tanyakan stok barang yang ada di toko tempat anda membeli produk, apakah stoknya banyak atau tidak. (Indah Winarso/KbrN)

  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • MySpace
  • Twitter

Baca Juga

Leave a Reply

About Us | Contact Us
© 2011 Journal Bali · Subscribe:PostsComments