Saturday 20th December 2014

Home » News, News » Festival sepak bola anak terbesar di dunia kembali digelar di Denpasar

JournalBali.com, DENPASAR - Ajang kompetisi sepak bola anak-anak terbesar di dunia, AQUA Danone Nations Cup (DNC) akan kembali digelar. Denpasar kembali menjadi tuan rumah Babak Kualifikasi Lokal Bali. Babak kualifikasi di kota ini akan diselenggarakan pada 2 – 3 Juni 2012 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar. Tahun ini, tercatat sebanyak 2800 anak yang tergabung dalam 200 tim ikut berpartisipasi dalam Babak Kualifikasi Lokal Denpasar AQUA DNC 2012.

Babak Kualifikasi Lokal di Denpasar ini diharapkan mampu mewujudkan mimpi anak-anak Bali untuk berlaga dalam festival sepak bola ini.  Mereka nantinya berpeluang untuk berangkat mewakili Indonesia di World Final DNC 2012 di Warsawa, Polandia, yang juga menjadi salah satu tuan rumah dalam ajang Euro 2012.

Denpasar merupakan salah satu kota terpenting dalam ajang AQUA DNC karena banyak pemain handal lahir dari kota ini. Salah satunya Abdul Kadir yang merupakan pemain timnas periode 1965-1978.  Abdul Kadir  terpilih sebagai pemain Asia All Stars pada tahun 1966-1970 dan juga pernah menemani pemain internasional, Pele, untuk melakukan akrobat bola.

Penyelenggaraan AQUA DNC tahun ini menandai sepuluh tahun komitmen Danone AQUA mendukung anak-anak Indonesia meraih mimpi melalui ajang olahraga internasional di AQUA DNC. Hingga saat ini, terbukti anak Indonesia berhasil mengukir prestasi di ajang ini. Lebih jauh lagi AQUA DNC telah melahirkan bibit-bibit muda sepak bola nasional, yang pada gilirannya akan mampu mengharumkan nama Indonesia, sekaligus mewujudkan mimpi mereka.

Dalam peresmian AQUA DNC 27 Maret 2012 lalu di Jakarta, Brand Director Danone AQUA, Febby Intan mengatakan, ”Pelaksanaan AQUA-DNC yang memasuki tahun kesepuluh ini, kami selenggarakan untuk memberikan inspirasi kepada anak-anak Indonesia untuk hidup sehat dan mampu meraih mimpinya. Melalui AQUA-DNC, anak-anak yang memiliki minat tinggi terhadap sepakbola dapat menjadi bagian dari sebuah festival akbar sepakbola internasional. ”

Sedangkan  Ketua Umum PSSI, Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin Husin berharap ajang kompetisi ini akan menjaring pemain handal. “Semoga kelak kita mendapatkan pemain-pemain yang handal. Dari ajang kompetisi seperti AQUA DNC ini, kita dapat melihat pemain muda yang bisa masuk kedalam timnas kita”, ungkapnya.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Prof. DR. Djoko Pekik Irianto, M.Kes, AIPO menyambut baik kegiatan AQUA DNC ini. “Pemerintah sangat gembira dan berharap tim sepak bola anak-anak Indonesia selalu berpartisipasi dan berprestasi di ajang DNC tingkat internasional,” ujarnya.

Pada tahun 2012, AQUA-DNC diperkirakan akan diikuti total 4.895 tim sepak bola anak-anak Indonesia dengan sekitar 70.000 pemain dari 14 kota, mengalami peningkatan sekitar 35% dibandingkan jumlah peserta 2011. Pada tahun ini, Denpasar kembali masuk menjadi salah satu kota yang berpartisipasi dalam kompetisi ini. Hal ini dilakukan mengingat tingginya antusiasme anak-anak Indonesia dalam mengikuti AQUA-DNC.

Babak penyisihan ini akan berlangsung ketat karena pemenang Babak Kualifikasi Lokal di Denpasar akan maju ke babak Final Nasional yang akan dilangsungkan di Jakarta pada 16 – 17 Juni 2012 mendatang. Tahun lalu SSB Hasanuddin asal Makassar berhasil menjadi pemenang di Babak Final Nasional. Tahun ini, pemenang Babak Final Nasional akan mewakili Indonesia berlaga di ajang World Final DNC 2012 pada 4 September 2012 di National Stadium, Warsawa, Polandia. Diperkirakan lebih dari 2,5 juta anak dari 40 negara akan berpartisipasi dalam DNC tahun ini.

Sekilas mengenai AQUA Danone Nations Cup

DNC adalah festival akbar sepakbola anak usia 10-12 tahun terbesar di dunia, bahkan sudah diakui sebagai Piala Dunia sepakbola untuk anak-anak oleh FIFA. Diperkirakan sekitar 2,5 juta anak atau 20.000 tim dari 40 negara di dunia akan berpartisipasi dalam DNC tahun ini. DNC didukung oleh Federation Internationale de Football Association (FIFA) serta French Football Federation, dan menampilkan Zinedine Zidane, pemain sepakbola dari Perancis, sebagai duta internasional-nya.

Di Indonesia, semakin banyak peserta yang mengikuti AQUA-DNC setiap tahunnya. Pada tahun 2009 tercatat 1.769 tim dengan sekitar 25.000 pemain. Kemudian pada tahun 2010 terjadi peningkatan menjadi 2.569 tim dengan 36.000 pemain. Pada tahun 2011, peserta naik menjadi 3.597 tim dengan sekitar 50.358 pemain.

Pada tahun 2011 lalu, Kurnaim, kiper dari tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Hasanuddin, Makassar berhasil mendapat gelar Kiper Terbaik Kedua DNC  2011. Tahun sebelumnya tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Banteng Muda dari Malang, Jawa Timur (Pemenang AQUA-DNC Indonesia 2010) masuk 15 besar, dan berhasil mengejutkan semua orang dengan mencatat kemenangan atas tim-tim unggulan seperti Italia dan Mesir. Sedangkan tim SSB Pengcab Semarang, Jawa Tengah (Pemenang AQUA-DNC Indonesia 2009) bermain gemilang dan berhasil menduduki posisi enam terbaik dari 40 negara, yang artinya hampir menyamai prestasi terbaik tim DNC Indonesia tahun 2006 yang sukses masuk babak semi final. Prestasi lain di antaranya adalah pada tahun 2005, tim Indonesia meraih gelar sebagai The Best Attack Team dan memecahkan rekor gol terbanyak sepanjang sejarah DNC dengan 24 gol. Pada final dunia tersebut, pesepakbola Indonesia Irvin Museng terpilih sebagai The Best Striker, dan sempat dikontrak oleh Ajax Amsterdam Junior. (heha/JB)
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • MySpace
  • Twitter

Baca Juga

Leave a Reply

About Us | Contact Us
© 2012 Journal Bali · Subscribe:PostsComments