Thursday 17th April 2014

Home » News, News » “Ilusi”, pameran sang fotografer kelana Romain Osi

"Keluyuran di Indonesia" karya Romain Osi. (sumber foto: http://commonroom.info)

JournalBali.com, DENPASAR - Romain Osi, fotografer kelahiran Paris tahun 1980, akan menggelar foto-foto berukuran raksasa yang dipasang berderet di perahu tradisional,  ia akan menciptakan pulau fotografis terapung pada gelaran pameran yang mengusung tajuk “Ilusi” di Pantai Sindhu, Sanur, 1 hingga 6 Juli 2012.

Romain yang berjuluk “fotografer kelana” (photographe de l’errance) sebelum ke Bali telah mengunjungi Bandung, Phnom Penh, Rio de Janeiro, Havana, dll. Ia memotret kota demi kota, bergerak dari suasana malam yang satu ke suasana malam yang lain.

Di Bandung bulan Mei 2010 yang lalu, Romain  menggelar foto dalam ukuran besar, kemudian dipajang di ruang-ruang terbuka, antara lain di Babakan Asih, juga di taman sekitar Balai Kota, dengan mengusung tajuk “Keluyuran”. Berbekal kamera digital, sambil membonceng sepeda motor, ia mengunjungi bagian-bagian kota, menuruti kata hati. Di titik-titik tertentu ia berhenti, kadang seperti menunggu sesuatu beberapa saat, kadang pula mengamati-amati keadaan di sekitarnya. Lalu, pada saat yang tepat, ia memotret suasana malam di situ. Kemudian, ia keluyuran lagi ke sudut-sudut lain kota ini. Begitu seterusnya beberapa hari lamanya. Boleh dikata, ia bekerja tanpa rencana. Apa yang ingin dipotret, atau di mana hendak memotret, tidak ditentukan sebelumnya. Keluyuran itulah yang kiranya terpenting, seperti telah jadi metode tersendiri. Sewaktu keluyuran ia akan tahu di mana mesti berhenti dan ke mana kamera mesti diarahkan. “Metode saya sepenuhnya mengandalkan perasaan,” kata Romain.

Romain Osi adalah anggota dari agensi perkumpulan fotografi Picture Tank. Sebagai fotografer independen, ia bekerja berdasarkan pesanan secara regular bersama beberapa institusi dan agensi komunikasi, memberikan workshop seni dan bekerjasama dengan penerbit serta pers Prancis dan internasional. (JB)
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • MySpace
  • Twitter

Baca Juga

Leave a Reply

About Us | Contact Us
© 2012 Journal Bali · Subscribe:PostsComments