Sunday 26th October 2014

Home » News, News » Nanda Wahyu Saputra Aktor Terbaik Sastra Welang Monologue Awards 2012

Poster pertunjukan monolog "Kucing" karya Putu Wijaya oleh Teater Teras

JournalBali.com, DENPASAR – Nanda Wahyu Saputra dari Teater Teras menyabet anugerah sebagai Aktor Terbaik pada gelaran  Sastra Welang Monologue Awards 2012 yang diikuti 16 group teater di Bali.Dewan juri yang terdiri dari Agung Eksa Wijaya, Hendra Utay dan Mira Astra menilai Nanda berhasil tampil secara optimal dalam pertunjukan monolog “Kucing” karya Putu Wijaya. Juri sempat berdebat sengit untuk memutuskan Aktor Terbaik, kategori  yang cukup bergengsi ini. Nanda berhasil mengalahkan pesaing beratnya seperti Linda Trisnayanti, Heri Windi Anggara, Benny Dipo Pratama dan Jaka Erlangga.

Sedangkan untuk kategori Pementasan Terbaik  direbut Teater Kini Berseri yang memanggungkan  ”Trik” karya Putu Wijaya yang dimainkan aktor Jaka Erlangga. Juri menilai Teater Kini Berseri telah maksimal dalam menggarap secara utuh setiap elemen panggung dengan akting aktornya. Bahkan sutradara  Teater Kini Berseri, Indra Parusha, memboyong Piala Sutradara Terbaik untuk pementasan itu.  Untuk Penata Musik Terbaik diperoleh Andika Pratama dari Teater Orok ( Nyanyian Angsa) , Piala Penata Artistik Terbaik jatuh pada Maulana Putra Dandiasri dari Teater 108 untuk pementasan “Nagina”. Panitia Sawma 2012 juga memberi penghargaan untuk kategori Manajemen Produksi Terbaik yang diraih Fitri Gayatri dari Teater Antariksa yang mementasan “Namaku Skizo”.

Piala Sawma tertinggi, yakni Lifetime Achievement Awards tahun ini diberikan kepada Ibu Suis yang telah berusia 70 tahun namun masih aktif dalam panggung teater di Bali. Ibu Suis tampil ke panggung dan berbincang – bincang mengenai perjalanan panjangnya di dunia seni pertunjukan sejak berusia 12 tahun. Dimulai dari pentas – pentas seni tradisi , seperti ketoprak, ludruk, wayang wong hingga ke berbagai film dan sinetron tvri, dan beragam pementasan teater modern yang digarap Abu Bakar.

Sastra Welang Monologue Awards sebagai ajang festival monolog yang telah bergulir dua kali cukup diperhitungkan kalangan insan teater di Bali. Para bintang teater yang membackan pengumuman untuk setiap kategori seperti  Indra Parusha, Maulana Putra Dandiasri, Indra Purnama, Lisna Effendi, Novi  Dwi Jayanti, Rahajeng Kisna, Heri Windi Anggara , Astari Gezali, Afif Mahfudz, Linda Trisnayanti, Dadi Reza Pujiadi, Henny Santi dan Mira Astra mengharapkan gelaran festival ini terus eksis secara berkelanjutan. (Tim/JB)

  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • MySpace
  • Twitter

Baca Juga

Leave a Reply

About Us | Contact Us
© 2012 Journal Bali · Subscribe:PostsComments