Wednesday 17th September 2014

Home » News, News » Pengguna internet RI suka mengunduh musik streaming

JAKARTA - “Mayoritas pengguna internet di Indonesia, atau 61 persen, menyatakan mereka gemar menjelajahi situs-situs yang berhubungan dengan minat mereka.”

Internet adalah arena bermain yang sangat menyenangkan bagi 6 dari 10 (61 persen) warga Indonesia. Kebanyakan dari mereka menggunakan internet untuk mengunjungi situs-situs yang menyediakan informasi yang berhubungan dengan minat mereka.

Pengguna Internet di Indonesia juga gemar mengunduh dan live streaming –  musik (60 persen), film (43 persen), memainkan online video games (27 persen) serta menonton siaran televisi melalui live streaming (23 persen).

“Mayoritas pengguna internet di Indonesia, atau 61 persen, menyatakan mereka gemar menjelajahi situs-situs yang berhubungan dengan minat mereka,” ujar Iwan Murty, Managing Director, Ipsos Indonesia, Senin (16/4).

Penemuan ini adalah sebagian hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Ipsos – sebuah perusahaan peneliti pasar yang berkantor pusat di Paris, Prancis untuk kantor berita Reuters News.

Instrumen survei dilakukan setiap bulan di 24 negara melalui sistem Panel Ipsos Online. Negara-negara yang disurvei adalah Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Cina, Perancis, Jerman, Inggris, Hungaria, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Polandia, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Turki dan Amerika Serikat.

Kondisi serupa juga terjadi dengan mayoritas responden global Ipsos di 24 negara yang disurvey dimana 57 persen responden menyatakan hal yang sama.

Survei tersebut mendapati bahwa pengguna internet di Turki yang sering menggunakan internet untuk mendapatkan informasi perihal minat mereka dengan 72 persen, diikuti dengan pengguna internet di Cina (71 persen), Hungaria (67 persen), Jepang (65 persen), Korea Selatan (65 persen) dan Swedia (64 persen).

“Mengunduh dan streaming musik adalah hal yang paling sering dilakukan oleh para pengguna internet di Indonesia, hal itu dinyatakan oleh 60 persen responden. Sedangkan 43 persen menyatakan mereka suka mengunduh film dan 23 persen menonton siaran langsung televisi secara online dalam 3 bulan terakhir ini,” tambah Iwan.

Jika dibandingkan dengan pengguna internet di Cina, prosentase tersebut masih lebih rendah dikarenakan 72 persen pengguna internet di Cina sangat aktif mengunduh musik secara online, 71 persen aktif mengunduh film dan 55 persen suka menonton siaran langsung televisi secara online.

Namun kondisi sebaliknya terjadi di Jepang dimana hanya 24 persen penggguna internet yang suka mengunduh musik secara online, 9 persen mengunduh film dan 9 persen yang mempergunakan koneksi internet untuk menonton siaran langsung televisi secara online.

Hal yang sama juga terjadi dengan pengguna internet di Prancis dengan musik (24 persen), film (15 persen) dan TV (7 persen).“Kami dapati 3 dari 10 (27 persen) responden di Indonesia gemar memainkan online video games, namun pengguna internet di Cina yang paling gemar bermain online video games dengan 61 persen, diikuti dengan Polandia (47 persen), Turki (38 persen) dan Meksiko (33 persen),” ujar Iwan.

Lain halnya yang terjadi di Swedia, dimana, hanya 13 persen responden yang menyatakan mereka menggunakan koneksi internet untuk bermain online video games. Kondisi serupa juga terjadi di Korea Selatan (16 persen), Hungaria (17 persen), Jepang (18 persen) dan Prancis (18 persen). ( Ismira Lutfia/ Yudo Dahono, http://www.beritasatu.com)

  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • MySpace
  • Twitter

Baca Juga

Leave a Reply

About Us | Contact Us
© 2012 Journal Bali · Subscribe:PostsComments