Sunday 21st September 2014

Home » Destination, Travel » Panorama Indonesia yang Wajib Dikunjungi

INDONESIA  bukan hanya indah, kaya akan budaya, pulau dan keanekaragaman hayatinya. Alam yang subur menjadikan Indonesia kaya akan keanekaragaman, terutama keindahan alamnya. Pernahkah Anda bermimpi ingin keliling Indonesia? Jika harapan itu pernah terlintas, maka tidak ada salahnya Anda menyelipkan sederetan tempat yang wajib Anda kunjungi untuk menikmati indahnya alam Indonesia.

Gunung dan danau tercipta karena proses alam yang terjadi sejak jutaan tahun silam, bentuknya yang eksotik, warna dan panorama yang mempesona menjadikan Indonesia bangga memiliki gunung dan danau yang indah. Berikut ini beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi saat ingin berkeliling Indonesia.

Gunung Bromo

Bagi penduduk setempat, gunung yang tingginya mencapai 2.392 meter di atas permukaan laut ini dipercaya masih memiliki kekautan mistik sehingga dipercaya sebagai gunung suci. Gunung Brahma atau biasa suku Tengger menyebutnya Gunung Bromo masih aktif dan sangat dikenal sebagai objek wisata Jawa Timur. Status aktifnya itu yang menjadikan gunung ini semakin menarik.

Gunung Kelimutu

Gunung ini memiliki tiga buah danau di puncak kawahnya. Danau yang terkenal ada tiga warna yaitu danau biru, danau merah dan danau putih. Gunung Kelimutu terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Ketiga danau tersebut memiliki luas mencapai 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Panorama indahnya Gunung Kelimutu sungguh luar biasa, telebih ketika warna danau mulai berubah-ubah.

Gunung Rinjani

Panorama istimewa menghiasi gunung yang memiliki suhu udara sekitar 20 – 12 derajat celcius ini. Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dari bawah permukaan laut. Rinjani banyak dikunjungi wisatawan terlebih para pendaki gunung dan pecinta alam karena keindahan alam sekitarnya.

Danau Toba

Danau ini terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia dan merupakan danau terbesar se Asia Tenggara. Danau vulkanik ini memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 meter, ditengah-tengah danau terdapat pulau yaitu pulau samorir. Sampai detik ini danau kebanggan Indonesia ini masih menjadi obyek wisata domestik dan mancanegara.

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh terletak pada ketinggian 1.950 meter dari permukaan laut. Dengan ketinggiannya tersebut Danau Gunung Tujuh tercatat sebagai gunung tertinggi se Asia Tenggara. Danau terbentuk akibat letusan Gunung Tujuh beberapa ratus tahun yang lalu, sehingga membentuk sebuah kawah yang lama kelamaan terisi air sehingga menjadi sebuah danau.

Danau Sentani

Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua. Berada dibawah lereng pegunungan Cycloops yang terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau ini termasuk salah satu danau terindah yang dimiliki Indonesia yang memiliki luas 9.360 hektar dan berada pada ketinggian lebih dari 75 meter diatas permukaan laut.

(Pipit/Ist)

  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • MySpace
  • Twitter

Baca Juga

Leave a Reply

About Us | Contact Us
© 2010 Journal Bali · Subscribe:PostsComments